INDOAUTO BANDUNG DALAM PELATIHAN OTOMOTIF

        Perkembangan teknologi otomotif semakin hari semakin meningkat sehingga menuntut kita yang berkecimpung di otomotif harus mengupdate keahlian otomotif yang kita miliki dengan harapan bisa kita menyesuikan diri dengan perkembangan tersebut.
Indoauto bandung sebagai lembaga pelatihan otomotif dan service melebarkan sayapnya ke dunia pendidikan SMK jurusan Otomotif dalam rangka menyampaikan perkembangan- perkembangan teknologi otomotif khusus nya tentang Materi EFI.
klo kita berbicara EFI jangan kita teringat akan anak tetangga kita.............................. tapi EFI ini merupakan suatu sistim penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar dengan cara di injeksi serta di kontrol oleh ECU mesin secara elektronik berdasarkan sensor-sensor dan putaran mesin. Sebelum EFI ditemukan bahan bakar di suplai ke ruang bakar menggunakan karburator dalam pencampuran udara dan bahan bakar yang selanjutnya di kirim ke ruang bakar.
       Banyak kelemahan yang ditemukan di sistem karburator ,diantaranya : keborosan bahan bakar, emisi gas buang belum ramah lingkungan dan perawatan yang agak rumit sedangkan di EFI campuran udara dan bahan bakar telah di atur sedemikian rupa sehingga hasil akhir dari gas buang ramah lingkungan serta pemakaian bahan bakar menjadi irit. Ini semua akan terjadi bila semua sistem di EFI bekerja normal.
        Dewasa ini semua produsen otomotif telah menggunakan sistim EFI di produk kendaraan bahan bakar bensin yang mereka keluarkan bahkan untuk kenderaan yang menggunakan solar pun telah diterapkan sistem injeksi langsung yang di kontrol secara elektronic.
Untuk memenuhi peserta didik di dunia otomotif baik di tingkat SMK maupun Tehnisi Otomotif yang belum menguasai EFI, Indoauto Bandung melayani paket pelatihan ini baik di wilayah kota bandung maupun luar kota bandung.
       Paket pelatihan ini di sebut kelas industri untuk SMK jurusan TKR dan telah dilaksanakn dari tahun 2007 sampai sekarang.
Materi :
* Dasar - dasar kelistrikan otomotif
Materi Ini dibahas seputaran mengenal simbol2 dari komponen elektronic yang bertujuan peserta didik  dapat membaca wiring kelistrikan yang di keluarkan pabrik.
paserta didik juga di ajarkan mengenal komponen elektronic tersebut dan fungsi serta cara kerjanya.




* Alat ukur dan scanner EFI.
Untuk alat ukur perserta didik di ajarkan cara menggunakan multitester dengan tujuan peserta didik dapt melkukan pemeriksaan dan pengukuran terhadap komponen2 di EFI bila mengalami trouble shooting. Disini juga peserta didik juga di ajarkan cara menggunakan Scanner /inteligent tester dalam menganalisa malafungsi di sistem EFI.

* Ignition System (sistim Pengapian).
peserta didik diajak untuk mengenal beberapa tipe sistem pengapian dari mengenal komponen, cara kerja serta trobleshooting di sistem pengapian. tipe- tipe sistim pengapian y ang di ajarkan d iantaranya :
   - Tipe Konventional. (platina)
   - Tipe Full transistor (power transistor) atau CDI.
   - TIpe IIA Integreated Ignition Assembly.
   - Tipe DLI Distributor lees Ignition.
   - Tipe Pengapian DIS Dirrect ignition system, Tipe ini sekarang banyak di gunakan di mesin2 kenderaan .


* EFI, Electronic Fuel Injection.
Untuk materi ini peserta didik di ajarkan dari mengenal EFI, tipe EFI sampai cara kerja serta komponen2 dasar yang bekerja di EFI, sistem-sistem dasar yang mendukung kerja EFI.

* Diagnosa Malafungsi sistem EFI.
Peserta didik zkan diajarkan bagaimana cara menganalisa kerusakan disitem EFI baik cara manual maupun cara menggunakan scanner/IT..
       Dalam pencapain target pelatihan agar peserta didik dapat menguasai materi materi ini, Indoauto Bandung melengkapi bahan praktek dengan menggunakan mesin K3-VE yang digunakan di AVANZA/XENIA dan juga komponen-komponen terpisah dari sistem EFI baik sensor- sensor, aktuator maupun ECU serta komponen2 pendukung lainnya.
Beberapa SMK yang telah mengikuti kelas industri bersama Indoauto Bandung.
1. SMK Yadika 3 tegar alur jakarta barat.
2. SMK Yadika 7 Parung Bogor.
3. SMK Yadika Tambun bekasi.
4. SMK Pamor Cikampek.
5. SMK Yadika Jatirangga cibubur.
6. SMK Yadika Subang .
7. SMK Yadika Sumedang.
8. SMK Yadika Bandar lampung.
9. SMK Yadika Natar lampung selatan.
10. SMK Yadika Baturaja Sumsel.
11. SMK Yadika Jambi.
12. SMK Bina Putra ,banjar.
13. SMK Yapim Simpang kawat, Asahan Sumut.
14. SMK Yapim CIkampak, Pinang awan Sumut.
15. SMK Yapim bagan batu, Riau.
16. SMK Yapim Duri bengkalis , Riau.
17. SMK Yapim Air bersih. Medan Sumut.
18. SMK Yapim Sei gelugur, Sumut.
19. SMK Yapim Marelan, Sumut.
20. SMK Yapim Mabar, Sumut.
21. SMK Yapim Biru-biru, Sumut.
22. SMK Yapim Sei rotan, Sumut.
23. SMK Yapim Batang Kuis, Sumut.
24. SMK Yapim Tebing Syahbandar, Sumut.
25. SMK Yapim Indrapura, batubara Sumut.
26. SMK Negeri Empat lawang Tebng tinggi Sumsel.
27. SMK Tiara Lahat. Sumsel
      DLL.
Paket pelatihan ini juga dilaksanakan untuk para guru-gur pengajar di beberapa SMK yang belum menguasai seputaran EFI, Indoauto pernah juga memberikan pelatihan terhadap beberapa guru -guru SMK,diantaranya
1. Guru - guru SMK TKR Yadika.
2. Guru - Guru SMK TKR Yapim.
3. Guru - Guru SMK Raksana, medan.

POTO KEGIATAN PELATIHAN KELAS INDUSTRI BERSAMA INDOAUTO BANDUNG















Comments

  1. bang zul nee aku viand dari SMK BINA PUTERA KOTA BANJAR aku Mau Nanya apa bang zulkar ada jual Modul EFI ??? Kalo ada berapa harganya aq mau beli donk saya mau mempelajari'a lagi ...!!!!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kang Zul bia yaa... yang bukan dari sekolah (Perorangan) ikut kursus kelistrikan mobil EFI...

    ReplyDelete
  4. Masih di buka diklat mesin Efi bang?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wiring Diagram